Total Tayangan Halaman

Senin, 23 September 2013

MANFAAT BUAH MANGGA




Kandungan nilai gizi khasiat dan manfaat buah mangga bagi kesehatan dan kecantikan, karena buah mangga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, pektin, fosfor, kalium, magnesium, astragalin, betakaroten, quercetin yang sangat di butuhkan oleh tubuh., Jenis buah mangga sangat banyak macamnya dan bisa di dapatkan dipasar atau toko buah.

Berikut ini adalah manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah

Mencegah Kanker
Senyawa fenolik yang ditemukan di mangga, seperti quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, dan methylgallat, telah terbukti memiliki anti-oksidan dan sifat anti-kanker. Buah Mangga juga tinggi pektin. Penelitian telah menunjukkan bahwa pektin memiliki efek perlindungan terhadap kanker pada saluran pencernaan.

Membantu dalam Pencernaan
Buah Mangga sangat membantu dalam mengobati masalah pencernaan. Buah Mangga mengandung enzim pencernaan yang membantu memecah protein untuk memfasilitasi penyerapan dalam tubuh, sehingga meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam mangga juga membantu dalam pencernaan.

Mencegah Penyakit Jantung
Buah Mangga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin E, dan Selenium yang membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Buah Mangga juga kaya akan vitamin B6 yang berperan dalam mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar homocysteine​​ (Homosistein adalah asam amino dalam darah yang merusak lapisan pembuluh darah).

Menurunkan Kolesterol LDL
Tingginya tingkat pektin dan Vitamin C dalam buah mangga telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol, terutama LDL kolesterol (jahat).

===========================================


Berikut adalah kandungan serta manfaat buah mangga untuk kesehatan

1.Manfaat Buah Mangga untuk pencernaan, kesehatan mata, mulut dan tenggrokan.
Kandungan asam galat pada mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

2.Manfaat buah mangga untuk mencegah kanker.
Buah mangga juga dapat digunakan sebagai makanan untuk mencegah kanker,karena mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik.

3.Manfaat buah mangga sebagai pembersih darah.
Buah mangga bisa berfungsi sebagai desinfektan, pembersih darah yang dapat menanggulangi dan mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan seperti bau badan yang tidak sedap, serta dapat menurunkan suhu badan pada saat demam. Hal ini ditunjang karena mangga mengandung riboflavin yang baik untuk kesehatan

4.Manfaat buah mangga untuk menurunkan resiko stroke.
Buah mangga mengandung kalium.Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke.

Satu penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang menambahkan sepotong buah tinggi kalium ke dalam pola makanan sehari-hari, risiko terkena stroke fatal dapat dikurangi sebesar 40 persen. Konsumsi ekstra kalium sebanyak 400 mg setiap hari dapat mengurangi kemungkinan mendapat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harumanis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.

5. Untuk menjaga kesehatan Gigi dan Gusi.
Di samping berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin , satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka.

Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

6. Khasiat mangga sebagai Antioksidan Tubuh .
Mangga pun merupakan sumber beta-karoten , kalium, dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina).

Beta-karoten (dan vitaminC) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.

7.Manfaat buah mangga untuk seks lebih baik.
Kandungan vitamin E dalam buah mangga dapat meningkatkan dorongan seks seseorang dengan mengatur hormon seks dalam tubuh.

8. Meningkatkan memori dan konsentrasi.
Buah mangga memiliki kandungan jumlah asam glutamin yang cukup memadai. Senyawa ini sangat bermanfaat khususnya untuk meningkatkan memori dan konsentrasi.

9.Buah mangga untuk kulit lembut dan bersinar.
Makan mangga dapat membuat kulit Anda lebih lembut dan bercahaya. Anda dapat mengoleskan kulit mangga ke wajah selama kurang lebih 10 menit untuk mengeluarkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat di kulit sehingga mengurangi jerawat yang merupakan masalah kesehatan wajah paling umum.

10. Menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Mangga pun berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya radang kulit, influenza, asma, gangguan pengelihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran napas, sesak napas dan borok. Selain itu juga bisa mengatasi bisul, kudis, eksim, perut mulas, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia dan rematik.

11.Buah mangga untuk mencegah anemia.
Kandungan zat besi pada buah mangga dapat sebagai penambah zat darah merah (mencegah anemia) serta beberapa manfaat lainnya.

Berikut Ini Adalah Manfaat Buah Mangga Untuk Kecantikan

Manfaat buah mangga selanjutnya adalah untuk mencerahkan dan melembutkan kulit secara alami. Oleskan kulit mangga atau diamkan menempel di wajah anda kurang lebih sepuluh menit untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati pada wajah anda.
Selain itu manfaat buah mangga yang lain adalah baik untuk diet.

===============================================


Itulah manfaat buah mangga serta khasiat buah mangga untuk kesehatan tubuh serta kecantikan wajah, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar