Total Tayangan Halaman

Selasa, 27 Agustus 2013

MANFAAT DARI BUAH TERONG

                                                         TERONG UNGU





Berikut 7 Manfaat Sayur Terong Untuk Kesehatan
1. Kaya Serat
Kita semua tahu kalau serat sangat penting sekali bagi tubuh kita karena dapat membantu memperlancar pencernaan dan buang air besar. Ini adalah salah satu manfaat terong yang cukup baik karena kandungan serat didalam terong sekitar 2 gram.
2. Kulit
Apakah anda tahu kalau terong juga memiliki manfaat terhadap kulit anda? Terong dapat membantu melembabkan kulit anda dari dalam. Jadi bagi anda yang memiliki kulit yang kering mungkin bisa konsumsi terong untuk membantu mengatasinya.
3. Menurunkan Berat Badan
Nah ini dia manfaat terong yang paling disukai banyak orang yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Kok Bisa?? Tentu saja, karena serat dalam terong dapat membuat kita tidak mudah lapar dan membantu mempercepat proses metabolisme tubuh.
Selain itu juga terong dapat membantu dalam proses pembakaran lemak di tubuh, jadi bagi anda yang merasa banyak lemak ayo mulai sekarang coba makan terong.
4. Kanker
Dalam terong juga ditemukan terdapat elemen yang disebut dengan nasunin. Elemen ini ternyata dapat membantu mengatasi sel – sel kanker yang ada didalam tubuh. Jadi semakin banyak terong yang anda konsumsi, maka semakin kecil kemungkinan anda terkena kanker. Terong sangat baik melawan kanker usus besar.
5. Makanan Otak
Fitonutrien yang ditemukan dalam terong dapat membantu perkembangan otak kita dan melindungi membran sel dari berbagai kerusakan. Bagi anda yang memiliki anak dan jika ingin agar otak anak anda lebih aktif, maka coba masukkan terong ke dalam sayuran mereka.
6. Kesehatan Jantung
Terong juga ternyata memiliki manfaat yang baik terhadap jantung. Terong dapat mengurangi kolesterol yang berada pada dinding arteri dan dinding pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Terong juga dikenal sebagai salah satu makanan yang sehat untuk Jantung.
7. Diabetes
Makanan tinggi serat seperti terong dan juga rendah karbohidrat sangat baik bagi penderita diabetes. Hasi penelitian menunjukkan bahwa, jika kita konsumsi terong secara teratur maka kadar gula kita juga akan menurun dan stabil. Jadi khususnya penderita diabetes coba anda buktikan sendiri.
 

Kandungan Gizi dan Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan -
Sudah tak asing lagi kan dengan gambar di samping ? karena gambar di samping mungkin bisa jadi makanan favorit anda. atau mungkin sering di masak dirumah sebagai sayuran pendamping nasi dan lauk pauk. Terong / terung sebenarnya memiliki berbagai jenis baik ukuran maupun bentuk dan warna. Dan terung/terong juga umumnya ada yang di gunakan sebagai lalapan atau untuk di sayur atau di sambal, bergantung jenisnya. Misal terung berbentuk bulat berukuran kecil umumnya di jadikan lalapan dikarenakan teksturnya yang renyah. Dan terung berbentuk lonjong berwarna ungu seperti gambar disamping biasanya di sayur tumis, di buat sambal terong atau bisanya ada juga yang hanya di rebus/goreng untuk di jadikan lalapan pendamping sambal. Namun pada postingan kali ini saya hanya akan membahas mengenai si terong ungu saja. Bagi anda penggemar terong ungu, ada kabar baik loh.. mau tahu ? Ayo kita simak bersama-sama.

Terung / Terong memiliki nama ilmiah Solanum melongena, tanaman dengan ciri tinggi tanaman hingga 40-150 cm (16-57 inci). Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10-20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus.
Kandungan gizi dalam terung ungu antara lain: air, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, kalsium, besi, fosfor, karotin, vitamin B1, B2, C dan vitamin P, asam nikotinat, dan lain-lain.
Manfaat dan Khasiat Terong Ungu Serta Resepnya

1. Untuk mengatasi hipertensi
250 gram terung ungu
Tahu dan kacang kedelai secukupnya
Dibuat masakan sesuai selera kemudian dimakan

2. Mengatasi hepatitis
250 gram terung ungu telah dipotong-potong
30 gram rambut jagung
100 gram akar alang-alang
Direbus dengan air secukupnya, setelah disaring diminum airnya

3. Mencegah dan mengobati kanker
250 gram terung ungu
10 gram jamur hioka (dapat dibeli di supermarket)
10 gram jamur kuping hitam
100 gram udang segar
Semua bahan ditumis dan dimasak

4. Melancarkan peredaran darah
250 gram terung ungu
25 gram jamur putih kering (terlebih dulu direndam air hingga lembut)
200 gram akar teratai
Dimasak sesuai selera

5. Mengatasi radang usus

250 gram terung ungu
30 gram krokot segar
Direbus dengan air 600 cc hingga menjadi 300 cc, setelah ditambah gula secukupnya lalu diminum

6. Menurutkan kadar lemak dalam darah
250 gram terung ungu
30 gram rumput laut Hai Cad
30 gram rumput laut Che Chai
Ditumis dengan minyak goreng non kolesterol, lalu dimakan

7. Mengatasi penyakit bronchitis

60 gram akar terung kering
10-15 gram teh hijau
Campurkan bubuk akar terung dengan 10-15 gram teh hijau, minum selagi hangat
250 gram terung ungu
25 gram jamur putih kering (terlebih dahulu direndam hingga lembut)
Minum airnya, sedang terung dan jamur putihnya dimakan

8. Untuk mengatasi penebalan dinding pembuluh darah
250 gram terung ungu
30 gram rumput laut
10 gram jamur kuping hitam
Dibuat sup atau makanan lain menurut selera

9. Mengatasi diabetes

250 gram terung ungu, ditambah labu kuning, waluh kenthi dan pare, dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan

10. Mengatasi gusi berdarah
250 gram terung ungu
100 gram akar teratai
Dimasak sesuai selera lalu dimakan

11. Mengatasi wasir
Keringkan tangkai terung ungu, lalu digiling menjadi bubuk
Campurkan 3 grram bubuk tangkai terung, jus lidah buaya dan bubuk gambir secukupnya, lalu dioleskan ke bagian yang sakit


12. Mengatasi tangan yang sering kesemutan
30 gram terung tunas direbus dalam 500 cc air, biarkan sampai air menjadi 250 cc, kemudian diminum.
13. Rematik dan radang sendi
60 gram akar terung ungu, 15 gram jahe merah, 20 gram, temulawak direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 150 cc. Lakukan 2 kali sehari. Atau gunakan 60 gram akar terung ungu dicuci bersih, 20 gram kencur diiris-iris, 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc disaring dan diminum iarnya selagi hangat.
14. Menurunkan Kolesterol
250 gram terung ungu, 30 gram rumput che chai, 20 gram jamur hioko yang telah direndam hingga lembut dan dibuat menjadi tumisan. Konsumsikan secara bervariasi. 1 Buah terung ungu, 7 lembar daun salam, 50 gram daun ceremai direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc lalu disaring dan diminum selagi hangat.

15. Meningkatkan G4irah S3ksu4l
250 gram terung ungu, 100 gram daging ayam, 100 gram kunci, bawang bombai, dibuat menjadi tumisan. Konsumsi secara teratur dan bervariasi. Dianjurakan untuk mengkonsumsi terung ungu yang dimasak sesuai selera secara bervariasi. Sebaiknya pengkonsumsian terung ungu setiap hari tidak lebih dari 250 gram.
 

Manfaat terong hijau banyak yang belum begitu mengetahuinya mengingat terong hijau hanya biasa dijadikan sebagai bahan pembuat sayuran semata. Sebenarnya ;ebih dari itu, terong hijau memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan. Berikut ini penelusuran kami tentang manfaat terong hijau.


Terong hijau merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam family solanaceae dan genus solanum. Tanaman ini berasal dari India dan Sri Lanka yang masih berhubungan erat dengan tanaman kentang dan tomat . Terong merupakan tumbuhan hijau yang biasanya di tanam sevara tahunan untuk di ambil buahnya. Buahnya ini biasa di jadikan sebagai sayur sebagai menu pelengkap makanan.

Terong hijau tumbuh hingga 150 cm dan memiliki daun yang besar serta lobus yang kasar. Ukuran buahnya berbeda-beda, mulai dari 10 sampai 20 cm. Batangnya kadang ada yang berduri, dan warna bunganya putih dan ungu dengan mahkota bunga yang memiliki 5 lobus.

Rasanya sedikit pahit karena terdapat kandungan alkaloid nikotin yang ada di dalamnya. Tapi, walaupun rasanya yang sedikit pahit, ternyata ada banyak manfaat terong hijau yang bisa kita peroleh saat mengkonsumsinya.

Berikut ini beberapa manfaat sayuran terong hijau untuk mengatasi berbagai macam penyakit, yang perlu Anda ketahui:

Terong hijau dan manfaat terong hijau
1. Mengkampat kerusakan pembuluh darah
Manfaat terong hijau yang sering kita dengar yaitu sebagai anti kanker, anti kejang, serta pendepak gangguan pembuluh darah. Di Nigeria bahkan mendewakan tumbuhan yang satu ini terutama bagi para kaum pria. Mereka juga meyakini bahwa buah ini dapat meredam rasa gugup sehingga membuat kita akan menjadi lebih rileks.

2. Meghilangkan rasa gugup
Terong hijau mengandung skopolamin, strikin dan skoparon yang mampu menghambat serangan sawan, rasa gugup, dan juga kekejangan saraf. Untuk itulah buah ini biasa digunakan untuk mencegah serta mengobat serangan epilepsi san penyakit kejang-kejang lainnya.

3. Menghilangkan rasa nyeri
Beda halnya di negara Korea, di sana terong di konsumsi setelah di keringkan terlebih dahulu sebagai obat sakit pinggang, encok dan nyeri lainnya. Sayuran ini juga bisa digunakan untuk mengobati campak, ketergantungan pada alkohol, luka bakar, cacar air, serta gastritis.

4. Mencegah kanker
Jus terong mampu menekan kerusakan sel-sel dengan penyimpanan kromosom sebagai pertanda adanya kanker di dalam tubuh. Kandungan tripsin inhibitor yang terdapat di dalam buah ini di yakinin mampu melawan serangan zat yang dapat memicu kanker.


Itulah empat buah manfaat terong hijau untuk mengatasiberbagai permasalahan dengan penyakit dan mental. Setelah Anda mengetahui manfaatnya, sepertinya Anda tidak perlu lagi menyepelekan terong hijau ini. Oke, semoga share nya bermanfaat
 
 
 
http://www.fontspace.com/preview/m/f838b89a04758cb88425d9106fb5b55f.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar